TIPS! MELAMAR KERJA VIA ONLINE




Melamar kerja via online sekarang sudah gampang dan ga ribet loh Sobat Gawe! Tapi ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan nih saat melamar pekerjaan online. Apa saja sih? Yuk kita simak bersama!

  1. Bacalah deskripsi pekerjaan dengan seksama

Sebelum anda memutuskan untuk mendaftar suatu pekerjaan,bacalah terlebih dahulu deskripsi pekerjaannya dengan saksama. Lihat apa saja hal yang dibutuhkan oleh perusahaan teresebut dan pikirkan apakah anda mampu untuk bekerja dengan pekerjaan tersebut. 

    2. Penuhi Profile akun kamu dengan pengalamanmu 

Secara umum, saat mengajukan lamaran pekerjaan tentu dibutuhkan Curriculum Vitae atau profile diri. Hal itu digunakan oleh perusahaan untuk mengenal pelamarnya secara singkat, dilihat dari profil dirinya. Selain data diri yang umum seperti scan KTP, Kartu Keluarga, Ijazah pendidikan terakhir, dan lain-lain. Karena itu, pentingnya mengecek dan siapkan terlebih dahulu data-data yang sekiranya diperlukan oleh perusahaan. Bila memang sudah terkumpul, jangan lupa untuk dicek kembali dan pastikan datanya agar lengkap sebelum diupload di job portal, jangan sampai ada kesalahan upload.

    3. Perhatikan Etika Pengiriman Email

Jika suatu ketika anda diharuskan untuk mengirimkan Email ke perusahaan, jangan lupakan etika pengiriman email. Jika anda hendak menghubungi perusahaan, selalu pastikan anda sudah memperkenalkan diri dan gunakan bahasa yang sopan. Anda harus memastikan etika email sudah dilakukan dengan baik untuk memberikan kesan positif terhadap perusahaan yang anda lamar kerja. 

    4. Pastikan Lowongan kerja valid 

Pastikan apakah perusahaan yang anda ajukan lamaran pekerjaan tersebut benar adanya dan bukan fiktif maupun penipuan kerja. Anda bisa mencari kepastiannya dengan cara mencari website resmi apakah ada atau tidak, dan juga tanyakan kepada contact person yang tercantum dalam lamaran kerja online.

    5. Perhatikan Kualifikasi yang Dibutuhkan

Hal ini berhubungan dengan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mengisi lamaran. Misalnya, pelamar hanya boleh berusia 18-15 tahun, atau lamaran hanya boleh diisi untuk lulusan Teknik Informatika, dan lain-lainnya. Anda harus memperhatikan detail kecil ini supaya lamaran anda tidak menjadi sia-sia.

    6. Hindari Perusahaan yang Tidak Jelas 

Sekarang sedang marak-maraknya lowongan kerja palsu atauh hoax. Akibatnya, banyak sekali orang yang menjadi korban. Pastikan perusahaan yang anda tuju memang perusahaan asli yang jelas dan memang ada untuk menyediakan lowongan pekerjaan. Cara mengeceknya adalah googling mengenai informasi lowongan pekerjaan tersebut. Seperti alamat kantornya apakah itu alamat asli yang jelas, dan lain-lain. Jangan pernah juga mau membayar uang pendaftaran lowongan kerja. Karena beberapa perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun untuk lowongan pekerjaan.

 

Itulah tips melamar pekerjaan secara online, anda harus teliti dan detail pada saat melamar pekerjaan secara online supaya dapat mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan. 

Yuk, jangan lupa daftar di Gawe.id dan temukan lowongan pekerjaan sesuai minatmu!