TIPS! CEGAH COVID-19 DENGAN WORK FROM HOME




Halo Sobat Gawe, perusahaan kini berbondong-bondong memerintahkan karyawannya untuk work from home alias kerja di rumah, untuk mencegah adanya penyebaran virus corona atau Covid-19. Apakah kalian juga ikut work from home? Bukan 1-2 hari saja, work from home bisa berlangsung berminggu-minggu, sampai pandemik virus corona dapat diatasi.

Work from home bisa sangat menantang, terutama bagi karyawan yang belum pernah punya pengalaman membawa pulang pekerjaan kantornya. Itulah sebabnya, ada beberapa tips work from home supaya tetap produktif dalam bekerja, sehingga atasan tetap puas dengan hasil pencapaian Anda.

Tips work from home untuk cegah virus corona

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo sudah menyatakan bahwa work from home sangat perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap risiko meluasnya penyebaran virus corona. Maka dari itu, kenalilah beberapa tips work from home di bawah ini:

1. Menjaga komunikasi antar rekan kerja dan atasan

Komunikasi adalah faktor penting saat work from home. Tanpa adanya komunikasi yang baik, pekerjaan Anda bisa terhambat, bahkan tak mencapai target. Mintalah atasan untuk menjabarkan target yang harus dicapai, selama periode work from home berlangsung. Selain itu, komunikasi bisa mencegah datangnya perasaan kesepian yang melanda karyawan di rumah. Sebuah penelitian yang mengikutsertakan 2.500 karyawan, membuktikan bahwa kesepian bisa membuat mereka tidak termotivasi dan susah produktif.

2. Menjaga penampilan dan kebersihan tubuh

Hanya karena Anda diizinkan untuk kerja dari rumah, bukan berarti kebersihan tubuh dan penampilan bisa diabaikan. Secara psikologis, membersihkan tubuh dan menjaga penampilan bisa membuat mental Anda siap untuk bekerja. Terutama jika atasan meminta Anda untuk siap siaga di depan laptop, jikalau ada pertemuan penting yang mengharuskan Anda bertatap muka lewat telekonferensi atau video call. Selain itu, dengan menjaga kebersihan tubuh, Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Tidak memaksakan tubuh dan pikiran

Di kantor, jam kerja sudah terstruktur; mulai dari jam produktif kerja, waktu istirahat, hingga saatnya pulang dari kantor. Kalau kerja dari rumah, jam kerja Anda mungkin jadi runyam. Alih-alih ingin produktif, Anda malah memaksakan diri dengan bekerja tanpa batas waktu. Sayangilah tubuh dan pikiran Anda. Berikanlah jeda setiap 45-60 menit bekerja. Setelah merasa cukup istirahat, kembalilah bekerja. Hal ini bisa menjaga kemampuan Anda dalam berkonsentrasi. Dengan begitu, Anda mampu bekerja secara optimal. Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk istirahat terus-terusan. Tetaplah berkomitmen penuh untuk menyelesaikan pekerjaan, sesuai yang diperintahkan atasan.

4. Mengelola distraksi

Bekerja di kantor bisa menghindari Anda dari distraksi. Bagaimana dengan work from home? Waspadalah, bekerja di rumah bisa mendatangkan berbagai macam distraksi, termasuk mengurus anak, rebahan di kasur, hingga bersantai ria. Tidak ada salahnya bermain dengan anak ataupun bersantai ria, tapi harus tahu batasan waktu. Misalnya, bermain dengan anak sambil bersantai, di jam istirahat. Jika jam istirahat sudah selesai, kembalilah ke depan laptop dan selesaikan pekerjaan Anda.

 

5. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat selama work from home bisa membantu Anda tetap bugar dan siap untuk menghadapi tantangan pekerjaan. Mengonsumsi makanan sehat ternyata juga bisa meningkatkan suasana hati Anda selama di rumah. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat selama work from home juga bisa meningkatkan kemampuan dalam mengingat. Tentunya ini bisa menguntungkan Anda di tengah banyaknya pekerjaan menumpuk yang harus dikerjakan dari rumah.

6. Tidak bekerja sambil rebahan

Work from home membuat karyawan cenderung mengerjakan tugas di kasur, sambil berleha-leha ria. Menurut seorang ahli chiropractic (terapi pengobatan tulang belakang dan otot), bekerja sambil rebahan di kasur hanya akan menimbulkan nyeri punggung dan leher. Gunakan kursi untuk duduk, dan pastikan kepala sejajar dengan laptop di hadapan Anda. Jadi, nyeri leher dan punggung bisa dicegah. Selain itu, Anda disarankan untuk berdiri dan berjalan atau melakukan peregangan paling tidak 1 jam sekali. Cara ini berguna untuk mengurangi ketegangan otot-otot yang cukup lama bertahan di posisi yang sama.

Itulah tips tetap produktif saat work from home. Meski hanya berdiam di rumah, selalu jaga kebersihan lingkungan dan benda-benda di rumah, ya. Juga, jagalah kesehatan dengan banyak olahraga dan makan makanan sehat. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan barang-barangmu. Terakhir, iringi dengan doa untuk keselamatan kita agar tetap terhindar dari COVID-19 yang sedang mewabah dan terus tetap semangat. Selamat work from home Sobat Gawe!